Yuk Ketahui Penyebab Asam Urat Dan Cara Menanganinya

0
55
Obat Asam Urat
Obat Asam Urat

Purin terdiri dari adenine dan guanine, yang merupakan basa nukleotida. Ini berfungsi untuk menyusun asam nukleat (DNA dan RNA) pada makhluk hidup. Selain perannya dalam membentuk DNA dan RNA, purin juga merupakan molekul penting dalam metabolisme energi. Purin tidak ditemukan secara alami di alam, tetapi dapat disintesis oleh makhluk hidup.

Pada Mamalia termasuk manusia, asam urat dapat diproses lebih lanjut melalui enzim urikase, dan menjadi produk akhir yang bersifat sangat larut air. Pada manusia, asam urat adalah produk akhir dari proses metabolisme purin dalam tubuh, karena kita tidak memiliki enzim urikase. Kelarutan asam urat pada manusia rendah, dan rata-rata kadar asam urat dalam darah sangat dekat dengan ambang batas kelarutan asam urat.

Ketika kadar asam urat dalam darah melewati 6,8 mg/dL, kristal asam urat akan terbentuk. Jika sudah terbentuk, kristal asam urat tidak akan terbuang melalui air seni (urine). Ini akan terbawa ke aliran darah, kemudian tersangkut dan menumpuk pada pembuluh darah yang berukuran kecil, seperti pada persendian serta jari-jari tangan dan kaki. Penumpukan kristal asam urat akan menyebabkan pembengkakan dan peradangan (inflamasi). Keadaan tersebut yang disebut gout arthritis atau asam urat. Ada banyak metode obat asam urat namun pola kebiasaan tetap mempengaruhi proses penyembuhannya.

Sebelum mengetahui obat asam urat sebelumnya perhatikan Faktor-faktor Penyebab Asam Urat, yang pertama Kegemukan atau diabetes. Orang yang gemuk atau menderita diabetes memiliki kadar insulin yang tinggi dalam darah, sehingga mengurangi pembuangan asam urat melalui ginjal. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya asam urat. Genetik. Pada beberapa kasus, ada individu yang mengalami kelainan genetik yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi enzim yang cukup untuk metabolisme purin.

Gangguan fungsi ginjal. Seperti diketahui, asam urat dibuang ke luar tubuh dalam bentuk urine melalui ginjal. Jadi kalau ada gangguan pada fungsi ginjal, ini akan mengakibatkan gangguan dalam pengaturan pembuangan asam urat. Makanan. Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Bahan makanan tersebut adalah yang mengandung purin dalam jumlah banyak (lebih dari 150 mg purin / 100 gr bahan makanan).