Tips Mengenal Lebih Jauh Perhiasan Berlian Asli

0
300
perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli

Banyak orang sukar membedakan antara berlian dengan permata jenis lain seperti cubic zirconia atau moissanite, walaupun mereka mempunyai struktur dan komponen yang berbeda. Tingginya harga dan minat pasar terhadap berlian membuat pengembangan pengetahuan semakin krusial. Sebelum membeli berlian, Mari simak tips dan trik untuk membantu Anda dalam mengidentifikasi perhiasan berlian asli dalam pasar:

  1. Penggunaan Tester

Salah satu mengenali perhiasan berlian asli adalah dengan menggunakan tester. Sudah menjadi sifat dari berlian yaitu keras, karena berlian merupakan batu yang paling keras di bumi. Jika berlian punya Anda rusak atau terbelah saat mendapatkan benturan ringan, maka sudah pasti berlian yang Anda miliki adalah berlian palsu. Cara paling mudah cek keaslian berlian berdasarkan kekerasannya adalah dengan menggunakan automatic diamond tester yang tersedia di pasar. Bagaimanapun perlu dicatat bahwa penggunaan alat ini pun terkadang tidak 100% akurat.

  1. Lihat Pantulan Cahaya dari Berlian tersebut

Salah satu keaslian berlian dapat dilihat melalui bayangan yang dihasilkannya. Anda dapat melakukan tes bayangan dengan melihat lurus dari atas berlian. Bayangan yang dihasilkan berlian asli umumnya merupakan variasi dari warna abu-abu, jika Anda melihat pantulan warna pelangi berarti berlian berkualitas rendah atau bisa juga palsu. Perhiasan berlian asli memiliki varian warna lain dan tidak hanya memiliki warna bening saja. Warna berlian selain putih yakni pink, kuning dan biru merupakan berlian jenis yang langka dan jarang ditemui. Jadi apabila Anda menemui berlian selain warna tersebut maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut diragukan keasliannya.

  1. Uji Ketahanan Panas Berlian (Heat Test)

Untuk mengenali perhiasan berlian asli, Anda dapat melakukan uji ketahanan panas berlian. Anda cukup memanaskan batu berlian yang akan diuji selama 30 detik menggunakan korek, kemudian cemplungkan ke segelas air dingin. Jika batu tersebut palsu maka akan terjadi retakan dari dalam, jika tidak maka batu tersebut merupakan berlian asli. Itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan referensi.