Dampak Negatif Dari Adanya Komputer

Komputer selama ini dikenal sebagai perangkat elektronik sebagai hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki manfaat yang sangat banyak dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Mulai dari kegiatan bisnis, kesehatan, penelitian, pertanian, penerbangan, penelitian luar angkasa, pendidikan dan masih banyak bidang lainnya yang menggunakan komputer sebagai perangkat utama dalam melakukan pekerjaannya.

Komputer merupakan serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Kita bisa bayangkan andai saja di dunia ini tidak ada komputer, maka pekerjaan – pekerjaan yang rumit yang tidak memungkinkan untuk dikerjakan secara manual tidak akan bisa diselesaikan secara cepat dan akurat. Kemajuan dibidang teknologi komunikasi dan informasi seperti saat ini pun tidak terlepas dari perangkat komputer ini.

Layanan internet hanya bisa di akses melalui komputer, meskipun saat ini sudah ada gadget pintar berbasis android, namun tetap saja untuk jenis pekerjaan – pekerjaan yang sulit dan berat, gadget tersebut belum bisa melakukannya layaknya perangkat komputer.

Setiap penemuan apapun, termasuk penemuan teknologi dibidang komputer, selain dampak positif yang dihasilkan, pasti akan dibarengi oleh dampak negatif yang muncul kemudian.

Adapun dampak negative dari adanya komputer tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka, seperti belajar, bekerja dll.
  2. Dengan mengakses situs2 yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.
  3. Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah.
  4. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.

Demikian beberapa dampak negative yang dihasilkan dengan adanya komputer dalam kehidupan manusia saat ini. Namun jika dibandingkan dengan dampak positifnya, komputer jauh lebih banyak memberikan manfaatnya bagi manusia dalam membantu melakukan pekerjaan – pekerjaan yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh manusia itu sendiri.