Manfaat Teknologi Pangan

Negara kita merupakan negara yang kaya dengan berbagai sumber daya alam yang terkandung di luar maupun di dalam bumi. Salah satu sumber daya alam yang terkandung di luar bumi Indonesia adalah pertanian. Ya, pertanian merupakan bidang yang menjadi perhatian serius dari pemerintah agar memiliki manfaat yang banyak bagi rakyat Indonesia.

Poptensi pertanian yang sangat besar ini janganlah disia – siakan begitu saja. Fakta yang ada, bahwa sector pertanian bisa menjadi sumber mata pencaharian sebagian besar masyarakat Indonesia dan bisa menjadi salah satu penyedia kebutuhan masyarakat dalam bidang pangan. Untuk itu, kita semua wajib mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan hasil pertanian secara menyeluruh di seluruh daerah di bumi Nusantara tercinta ini.

Potensi lahan pertanian yang sangat luas ini tidak cukup untuk dijadikan sebagai sarana meningkatkan hasil pangan Indonesia. Namun diperlukan sebuah teknologi modern yang mampu meningkatkan produktivitas pangan secara komprehensif di seluruh wilayah Nusantara ini. Teknologi yang dimaksud adalah teknologi pangan. Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) guna memperoleh manfaatnya seoptimal mungkin sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut.

Ketersediaan pangan di negara kita merupakan sebuah harga mati, mengingat bahwa kita merupakan sebuah negara yang memiliki lahan pertanian yang sangat luas jika dibandingkan dengan negara – negara lainnya di dunia. Sangat ironis, jika negara Indonesia yang notabene sebagai negara agraris kemudian bermasalah dalam hal penyediaan komoditas pangannya.

Dan hal tersebut tidak boleh terjadi. Bahan pangan dihasilkan oleh alam secara berkala, tetapi kebutuhan kita terhadap pangan tersebut adalah sebuah rutinitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan sebuah teknologi pangan yang fungsional terhadap berbagai permasalahan pangan di negara kita ini. Inilah penjelasan mengapa potensi luas lahan pertanian tidak cukup menjadi modal untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia.

Demikian sekilas penjelasan tentang teknologi pangan serta pemanfaatan teknologi tersebut dalam memenuhi kebutuhan pangan di negara Indonesia. Teknologi pangan mutlak diperlukan agar pemanfaat lahan pertanian di negara kita yang luas ini bisa optimal sehingga menghasilkan komoditas pangan yang melimpah dan berkualitas.