Cara Melindungi Diri Dari Kejahatan Sosial Media

0
92

social mediaSekarang ini orang sangat menggemari sekali penggunaan media sosial sebagai sebuah sarana untuk berinteraksi dengan orang lain dan juga untuk mengembangkan bisnis. Sebuah website sosial media telah menjadi sebuah sarana yang sangat ampuh. Orang-orang sudah mengetahui kekautan sosial media dan kehadirannya telah menjadi sebuah komunitas yang kuat. Namun, dewasa ini sosial media telah disalah gunakan untuk hal kejahatan.

Untuk itu, cara mudah untuk melindungi diri dari sosial media adalah dengan mengetahui terlebih dahulu kebiasaan para penjahat online. Banyak ancaman internet yang terjadi belum lama ini. Berikut ini beberapa kebiasaan jahat mereka.

  • Membajak e-Mail

Cara yang paling sederhana dan paling mudah penjahat online adalah dengan membajak alamat e-mail anda. Kemudahan mereka akan log-in ke situs-situs sosial media dengan menggunakan e-mail anda dan menggunakan fasilitas lupa password, yang dikirim ke alamat e-mail anda.  Untuk itu, solusi yang terbaik adalah rutin untuk mengganti password e-mail anda.

  • Menyelidiki Kehidupan Anda

Cara lain penjahat online adalah menggunakan dan menebak password anda dengan cara menyelidiki diri dari kegiatan anda. Banyak orang yang mencantumkan sebanyak mungkin termasuk hal pribadi pada profilnya. Hal ini sangat membuka peluang bagi para pelaku kejahatan online untuk mengumpulkan informasi tentang anda. Hal yang sederhana seperti memasukkan nama anda, pasangan anda, tanggal lahir dan hal lain yang menarik dari profil anda sebagai salah satu dasar untuk menebak password anda. Solusi yang terbaik adalah gunakanlah kombinasi yang sulit ditebak untuk password anda.

  • Pishing

Biasanya para pelaku kejahatan online akan mengirim sebuah junk e-mail yang berisikan link atau tautan menuju sebuah website lain yang mirip dan anda akan logi-in ke website e-mail palsu tersebut, sehingga user dan password anda pun disimpan pembajak. Misalkan, mereka mengirim pemberitahuan palsu untuk memperbaharui data anda dan meminta anda segera log-in dengan klik link yang telah di kirim ke e-mail anda. Solusinya sangat lah mudah. Anda jangan pernah mengklik link apapun yang terlihat asing dan di kirim ke email anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here